e mërkurë, 2 maj 2007

Aku dulu memulai bisnis tanpa modal....

Sejak dulu aku orang yang suka ber bisnis walopun ada rasa takut tapi...itung - itung cari pengalaman, sejak cari ilmu (red: nongkrong) di kampus saya coba cari uang dengan jualan kecil - kecilan awalnya iseng - iseng aja sama temen - temen buka toko komputer (padahal cuma jualan assesories yang harganya murah) dengan modal awal 1 jutaan...hehehe...1 juta buka toko komputer dapat apa ya? awalnya hanya bisa untuk beli asseries saja yang kita pajang di kamar kos - kosan dengan sewa bulanan terus kita cat dengan tulisan BQ computer. Setiap orang yang beli pheriperal tentang komputer kita minta uangnya dulu terus kita belanjakan pakai motor yaa walopun untungnya cuma Rp. 5000 dengan dibayur hujan dan panas tapi waktu itu rasanya puas.

Makin hari usaha kita makin banyak orang yang beli hingga akhirnya kita bisa sewa kios kecil di depan kos - kosan dan menambah display produk dari hasil untung yang kita dapat.
Selang beberapa tahun usaha itu masih di geluti teman saya hingga sekarang dan saham saya (hehehe saham padahal hanya 1 juta rupiah) ambil dan mulai usaha yang lainnya.
Saya coba ikut jualan baju, boneka, makanan kecil karena watu itu ada bazaar di kampus 3 hari dan hasil nya lumayan Rp. 600 ribu...hhhuhhhhh capek juga 3 hari jarang tidur...tapi asyik juga dagangan laris banyak ibu - ibu yang beli baju dan boneka buat anak - anak nya.

Selang beberapa tahun naluri bisnis ku tumbuh lagi, waktu itu ada sebuah peluang bisnis untuk menjadi ditstributor perusahaan makanan untuk wilayah kami. Mmmmmm...ambil ga ya? duit sama sekali nol rupiah (sumpeh)..dengan PD nya saya coba rancang proposal bisnis nya walopun sederhana dan saya coba telp direkturnya (waktu itu saya dapat no telp dari rekan saya) saya bilang saya mau jadi ditributor di wilayah saya...wah tadi nya saya di undang untuk ke jakarta tapi saya bilang saya belum ada waktu untuk ke jakarta (hehhehe padahal karena ga ada duit buat ke jkt), akhirnya beliau datang ke wilayah kami dan saya di undag ke hotel tepat beliau menginap kemudian saya memaparkan apa dan tujuannya saya menjadi ditributor (jujur waktu itu saya belum punya pengalaman apapun untuk menjadi distributor)...singkat cerita saya saya di terima jadi distributor dan saya tanda tangan kontrak dengan perusahaan tersebut, setelah proses itu selesai saya tinggal bingung karena saya harus mempersiapkan tempat usaha, mobil operasional, dana operasional, dll...kemudian tanpa pikir lama saya ajukan draft kontrak kerja sama distributor tadi ke rekan - rekan saya agar mereka mau mendanai usaha saya tersebut dan saya cicil dengan bunga sekian persen per bulan...dan hingga akhirnya usaha tersebut berjalan dengan sekuat tenaga saya belajar untuk mengelola segala kekurangan yang ada pada diri saya dalam mengelola usaha tersebut...

masih inget apa kata motivator ?? kalau kita mau mandi ke kamar mandi tidak usaha banyak pikir tinggal masuk saja ke kamar mandi kalau kurang sabun kita tinggal minta sabun, kurang air tinggal isi airnya....

salam,
wahyu prihantoro, Msb
www.konsultanide.com

3 komente:

Anonim tha...

Waw, sungguh menjadi inspirasi untuk berusaha yang lebih dalam setiap detik yang kita lalui..
Salam kenal kak..
Ryan Anggasaputra,111050210, STT Telkom (HIMATEL)

Anonim tha...

salam kenal mas..
mas ni kan sedang berbisnis..
intinya..jika kita2 butuh dan mas bisa kan jadi investornya..
itung2 bantu yang kecil2 gini lah..

hasan muda afgani
111041033
0856 3160 500
jl.adyaksa raya no.12 sukapura

Anonim tha...

baik banget pengalamannya, apa bisa saya minta langsung ke pelakunya email untuk berkomunikasi langsung ? aku amat tertarik menggali pengalamannya

kirim ke email saya ya. makasih...!
srisujarno@yahoo.co.id